Posted by : Unknown Minggu, 09 Desember 2012

Perkenalan Diri (Jikoshoukai, 自己紹介)


Hajimemashite, はじめまして = Senang bertemu Anda.
Watashi wa …. desu, わたしは…です = Saya (nama saya) adalah …
Douzo yoroshiku どうぞよろしく= Mohon bimbingannya (arti harfiahnya = mohon kebaikan Anda)

Dalam Bahasa Jepang, Jikoshoukai biasanya ada 3 urutan yang umum diucapkan, seperti pada contoh di atas.

Memulai perkenalan diri. 

Senang berkenalan dengan Anda. Nice to meet you (dalam bahasa Inggris).
Hajimemashite, はじめまして.

Memperkenalkan diri. Perkenalkan nama, kebangsaan, pekerjaan, dll atribut Anda.

Watashi wa … desu, わたしは…です = Saya (nama saya) adalah …
Watashi no namae wa … desu, わたしの名前は…です = Nama saya adalah …
Namae wa … desu, 名前は…です = Nama (saya) adalah …
Watashi wa … to moushimasu, わたしは…と申します = Saya dipanggil (nama saya) … <– jauh lebih sopan/ menghormat.

Mohon bombingannya.
Yoroshiku, よろしく
Douzo yoroshiku, どうぞよろしく
Douzo yoroshiku onegai shimasu, どうぞよろしくおねがいします <– paling sopan.

Pada bagian (2) memperkenalkan atribut diri, bisa dikembangkan misalnya :

Watashi wa Indoneshia no Andi desu, わたしはインドネシアのアンディーです = Saya Andi yang berkebangsaan Indonesia.

Watashi wa Indoneshia jin desu, わたしはインドネシアじんです = Saya orang Indonesia.

Watashi wa Indoneshia kara kimashita, わたしはインドネシアからきました = Saya datang dari Indonesia.

Watashi wa sensei desu, わたしはせんせいです = Saya adalah guru.

Jika perkenalan diri sudah selesai, maka pihak lawan bicara akan menjawab :

Kochira koso yoroshiku onegai shimasu, こちらこそよろしくおねがいします = Saya juga mohon bimbingan Anda.

Contoh Percakapan :

Misalnya, Andi, seorang mahasiswa dari Indonesia datang ke Jepang, kemudian memperkenalkan diri kepada Tn Nakata.

Tn. Andi : Hajimemashite. Watashi wa Andi to moushimasu. Indoneshia kara kimashita. Watashi wa gakusei desu. Douzo yoroshiku onegai shimasu.

Tn. Nakata : Kochira koso yoroshiku onegai shimasu.

Kosa Kata Baru :

Na-ma-e, 名前 = nama

Sen-sei, せんせい = guru

Ga-ku-sei, がくせい = mahasiswa

Ka-i-sya-in, かいしゃいん = karyawan

Kei-sa-tsu-kan, けいさつかん = polisi

I-sya, いしゃ = dokter

Kan-go-fu, かんごふ = perawat

Hi-syo, ひしょ = sekretaris

In-do-ne-shi-a, インドネシア = Indonesia

A-me-ri-ka, アメリカ = Amerika (Serikat)

Me-ki-shi-ko, メキシコ = Meksiko

Fu-ran-su, フランス = Perancis

I-gi-ri-su, イギリス = Inggris

Oo-su-to-ra-ri-a, オ-ストラリア = Australia


Arigatou gozaimasu...:)


Sertakan Sumbernya bila anda mau mengcopy paste artikel ini http://waftix.blogspot.com/2012/11/belajar-bahasa-jepang-perkenalan-diri.html#ixzz2EWOKfrdr 
Under Creative Commons License: Attribution 
Follow us: @nugrahawafa on Twitter | 16wsa on Facebook

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2012 Catatan Shitye -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Waftix378 -